Arifin Arizona | Buat Lencana Anda
">Arti Sahabat

Jumat, 25 Desember 2009

Sejarah Kota Manis Jatiroto












Jatiroto adalah kota kecamatan jatiroto yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Sumberbaru di sisi timur, yang masuk ke wilayah Kabupaten Jember. Batas alami kedua wilayah kabupaten tersebut adalah Sungai Jatiroto, seperti yang terlihat pada foto paling atas.


JATIROTO sempat menjadi kota yang terkenal akan pabrik gulanya, yang pernah menjadi pabrik gula dengan produksi terbesar di Hindia Belanda.

Nama jatiroto mengandung makna bahwa kecamatan itu dulunya adalah hutan jati. Kota kecamatan jatiroto dibangun pada masa Indonesia masih diduduki oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Pada masa itu pula dibangunlah sebuah pabrik gula yang terletak di bagian selatan kota kecamatan itu. Perkembangan ekonomi sangat dipengaruhi oleh aktif tidaknya Pabrik Gula Djatiroto tersebut. Dengan adanya pabrik gula tersebut, banyak penduduk Jatiroto berprofesi sebagai petani tebu, yang menjadi bahan baku utama pembuatan gula. Selain itu, banyak pula yang membuka usaha perdagangan yang berpusat di Pasar Mini Jatiroto, yang terletak di sisi utara jalur kereta api yang membagi dua kota kecamatan ini.

Kecamatan Jatiroto terdiri atas 6 desa, yaitu:
  1. Banyuputih Kidul
  2. Kaliboto Kidul
  3. Kaliboto Lor
  4. Rojopolo
  5. Sukosari
  6. Jatiroto
Kota Manis Jatiroto : Penghasil Gula terbesar di Indonesia.. Dimana pemuda2 byk yang kreatif, maju dalam IT, berkarya.. Suasana desa nan damai, tentram, subur.. kami bangga menjadi anak jatiroto, Air bersih gratis tersedia dari PG. Djatiroto via THE BROWN (sewa ke pemkab Jember). pendidikan murah dengan basis IT di tiap2 sekolah, fasilitas perumahan disedia PG. Djatiroto bagi karyawan, 70 % karyawan PG. Djatiroto..

Pemerintahan : Kapolsek, Danramil, Kecamatan, RS. Djatiroto, Puskesmas, instansi2 lain yg selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.. Kami PUAS..

Organisasi kian berkembang : NU maupun muhammadiyah, LSM, Koperasi, Otomotif "GAMED" Honda classic ulung C 50, 70, 90 yang mana telah banyak memberikan warna dan nama baik Kota manis Jatiroto di tingkat Nasional Jambore.. dan ajang bergensi. Parade Band, Pameran Kampoeng, Royalan (Pesta Giling), Wadah Pemuda Kreatif "Media Computer"MEDCOM yg selalu menjadi fasilitator semua dg bangga berniat memajukan Desa Jatiroto.

Sayangnya masih ada lagi kekurangan.. dimana alun-alun Jatiroto dijadikan sebagai serapan air, tidak terurus layaknya alun-alun kota lain, yg selalu ramai dan dijadikan sarana hiburan anak maupun keluarga.. mohon kepedulian Pemda Lumajang.. masyarakat hanya diam, bukan berarti tidak peduli. tu Bpk M. Hatta selaku Administratur PG. Djatiroto mohon perhatiannya untuk kemajuan jatiroto, utamanya alun-alun jatiroto segera dibenahi (Trotoar sarana bermain anak-anak) biar jadi Maskot Kota Manis Jatiroto yang damai.

MEDCOM Lembaga Komputer dibawah kepemimpinan Moch Arifin, SPd yang peduli perkembangan IT Pendidikan, Usaha dan Tehnologi tu masyarakat.. dan juga menjadi Wadah Kreatifitas pemuda dalam membuka lapangan pekerjaan berupa usaha bidang tehnologi Komputer, Shooting dan Handphone.. Kami mendidik dari nol hingga mahir, sayangnya tidak adanya kepedulian pemerintah, PG, instansi yg andil tu memberikan modal usaha, tu perluasan tempat usaha yang nantinya bisa menambah lapangan pekerjaan dan bisa terus eksis dalam dunia maya. biar pemuda jatiroto bisa hidup di desanya tidak harus keluar kota.

Demikian blog sederhana ini dibuat.. mohon saran dan kritik tu kemajuan Kota Manis Jatiroto.

08155915727 - 0334 323635

6 komentar:

  1. Halo Jatiroto. Jatiroto tak asing ditelingaku. Tahun 2008 aku punya kenalan gadis Jatiroto. Tapi sayang,. Setahun lamanya kami kenalan,, setelah itu berpisah.. Estin.

    BalasHapus
  2. sy bangga menjadi anak asli jatiroto,,meskipun saat ini sdh agak tertinggal kl d bandingkan dengan kota2 lain,,,semoga smw masy jatiroto akan terus damai,tentram dalam segala perbedaan,,,semoga dengan datangx pemimpin2 baru desa kami bisa d toleh,,,kami sangat berharap banyak kpd PRESIDEN JOKOWI-JK&para kabinetx,semoga desa kami kebagian programx.....trims

    BalasHapus
  3. JATIROTO...... q lhr & besar disana...... Tk mungkin bs q lupakan smpai akhir hayat.... Tp kemunduran pembangunan tlah mmbuat kota kebanggaanq itu kalah maju dgn kota lain......

    BalasHapus
  4. Saat saya berkunjung ke Jatiroto Mei 2016, masih terlihat kotor..kurang adanya pembenahan terhadap sarana prasarana disini. Mulailah dari masyarakat untuk bergerak menyelamatkan Jatiroto...karena saat ini sulit selalu mengharapkan dari pemerintah.

    BalasHapus
  5. Salam hangat persahabatan dr sy anak kalidilem krajan,tretan dibik

    BalasHapus